Selasa, 30 Juni 2009

resume filsafat

Judul Buku : PENGANTAR SINGKAT ILMU FILSAFAT
Pengarang : Irawan, S.Pd., M. Hum
Penerbit : Intelekia Pratama
Isi Buku :
Alam semesta adalah totalitas ruang dan semua yang ada di dalamnya. Lebih tepatnya alam semesta dapat didefinisikan sebagai totalitas ruang, waktu dan materi atau bermacam-macam ruang dan waktu.
Asal-usul kehidupan dipermukaan bumi ini menjadi sebuah pertanyaan serius dan menarik sejak ada penemuan yang mengatakan bahwa semua kehidupan berasal dari kuman atau basil. Penyair Roma, Lucretius, dalam bukunya, De Rerum Natura, memecahkan kesulitan ini dengan sangat mudah, sebagaimana telah dilakukan oleh orang-orang kuna lain, yaitu dengan teori spontanitas keturunan. Giumpalan tanah, ketika hangat dan basah, segera membawa bentuk-bentuk kehidupan berikutnya. Pada zaman modern, mulai terpikirkan bahwa spontanitas keturunan dapat didemontrasikan dengan suatu tes cepuk. Omne vivum ex ovo, kata seorang ahli biologi, semua khidupan berasal dari telur. Begitulah, barangkali, satu sel penyakit melalui evolusi kita manusia tidak mengalami kepunahan di bumi.
Dalam tradisi filsafat Barat, dikenal adanya pembidangan dalam filsafat yang menyangkut tema tertentu. Ontologi membahas tentang masalah "keberadaan" (eksistensi) sesuatu yang dapat dilihat dan dibedakan secara empiris, misalnya tentang keberadaan alam semesta, makhluk hidup, atau tata surya.
Epistemologi mengkaji tentang pengetahuan (episteme secara harafiah berarti “pengetahuan”). Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas, sumber, serta kebenaran suatu pengetahuan. Dari epistemologi inilah lahir berbagai cabang ilmu pengetahuan (sains) yang dikenal sekarang.
Aksiologi membahas masalah nilai atau norma sosial yang berlaku pada kehidupan manusia. Dari aksiologi lahirlah dua cabang filsafat yang membahas aspek kualitas hidup manusia: etika dan estetika.
Etika (tidak sama dengan etiket!) membahas tentang perilaku menuju kehidupan yang baik. Di dalamnya dibahas aspek kebenaran, tanggung jawab, peran, dan sebagainya.
Estetika membahas mengenai keindahan dan implikasinya pada kehidupan. Dari estetika lahirlah berbagai macam teori mengenai kesenian atau aspek seni dari berbagai macam hasil budaya.
Humanisme berasal dari Barat dan mengalami perkembangan dalam lingkungan pemikiran filsafat Barat. Humanisme adalah paham filsafat yang menjunjung tinggi nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria segala sesuatu. Dengan kata lain, humanisme menjadikan tabiat manusia beserta batas-batas dan kecenderungan alamiah manusia sebagai obyek. Pada arti awalnya, humanisme merupakan sebuah konsep monumental yang menjadi aspek fundamental bagi Renaisans, yaitu aspek yang di jadikan para pemikir sebagai pegangan untuk mempelajari kesempurnaan manusia di alam natural dan di dalam sejarah sekaligus meriset interpretasi manusia tentang ini
Aliran rasionalisme dipelopori oleh Rene Descartes (1596-1650 M). Dalam buku Discourse de la Methode tahun 1637 ia menegaskan perlunya ada metode yang jitu sebagai dasar kokoh bagi semua pengetahuan, yaitu dengan menyangsikan segalanya, secara metodis. kenyataan, bahwa “aku ragu-ragu”. Jika aku menyangsikan sesuatu, aku menyadari bahwa aku menyangsikan adanya. Pikiran sesungguhnya adalah kesadaran, tidak mengambil ruang dan tak dapat dibagi-bagi menjadi bagian yang lebih kecil. Materi adalah keluasan, mengambil tempat dan dapat dibagi-bagi, dan tak memiliki kesadaran. Kedua substansi berasal dari Tuhan, sebab hanya Tuhan sajalah yang ada tanpa tergantung pada apapun juga. Descartes adalah seorang dualis, menerapkan pembagian tegas antara realitas pikiran dan realitas yang meluas. Descartes adalah pelopor kaum rasionalis, yaitu mereka yang percaya bahwa dasar semua pengetahuan ada dalam pikiran.
Positifisme, Aliran filsafat yang lain adalah Positivisme. Dasar-dasar filsafat ini dibangun oleh Saint Simon dan dikembangkan oleh Auguste Comte (1798-1857). Ia menyatakan bahwa pengetahuan manusia berkembang secara evolusi dalam tiga tahap, yaitu teologis, metafisik, dan positif. Pengetahuan positif merupakan puncak pengetahuan manusia yang disebutnya sebagai pengetahuan ilmiah. Sesuai dengan pandangan tersebut kebenaran metafisik yang diperoleh dalam metafisika ditolak, karena kebenarannya sulit dibuktikan dalam kenyataan.
‘Science’ merupakan bagian dari himpunan informasi yang termasuk dalam pengetahuan ilmiah, dan berisikan informasi yang memberikan gambaran tentang struktur dari sistem-sistem serta penjelasan tentang pola-laku sistem-sistem tersebut. Sistem yang dimaksud dapat berupa sistem alami, maupun sistem yang merupakan rekaan pemikiran manusia mengenai pola laku hubungan dalamtatanan kehidupan masyarakat yang diinstitusionalisasikan.
ilmu pengetahuan (dalam hal ini pengetahuan ilmiah) harus diperoleh dengan cara sadar, melakukan sesuatu tehadap objek, didasarkan pada suatu sistem, prosesnya menggunakan cara yang lazim, mengikuti metode serta melakukannya dengan cara berurutan yang kemudian diakhiri dengan verifikasi atau pemeriksaan tentang kebenaran ilimiahnya (kesahihan). Dengan demikian pendekatan filsafat ilmu mempunyai implikasi pada sistematika pengetahuan sehingga memerlukan prosedur, harus memenuhi aspek metodologi, bersifat teknis dan normatif akademik. Pada kenyataannya filsafat ilmu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, perkembangannya seiring dengan pemikiran tertinggi yang dicapai manusia. Oleh karena itu filsafat sains modern yang ada sekarang merupakan output perkembangan filsafat ilmu terkini yang telah dihasilkan oleh pemikiran manusia. Filsafat ilmu dalam perkembangannya dipengaruhi oleh pemikiran yang dipakai dalam membangun ilmu pengetahuan, tokoh pemikir dalam filsafat ilmu yang telah mempengaruhi pemikiran sains modern yaitu Rene Descartes (aliran rasionalitas) (Herman 1999) dan John Locke (aliran empirikal) (Ash-Shadr 1995) yang telah meletakkan dasar rasionalitas dan empirisme pada proses berpikir.
Untuk melihat hubungan antara filsafat dan ilmu, ada baiknya kita lihat pada perbandingan antara ilmu dengan filsafat dalam bagan di bawah ini, (disarikan dari Drs. Agraha Suhandi, 1992)

Ilmu Filsafat
Mencoba merumuskan jawaban pertanyaan
Segi-segi yang dipelajari dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti
Obyek penelitian yang terbatas
Tidak menilai obyek dari suatu sistem nilai tertentu.
Bertugas memberikan jawaban Mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban
Mencari prinsip-prinsip umum, tidak membatasi segi pandangannya bahkan cenderung memandang segala sesuatu secara umum dan keseluruhan
Keseluruhan yang ada
Menilai obyek renungan dengan suatu makna, misalkan , religi, kesusilaan, keadilan dsb.
Bertugas mengintegrasikan ilmu-ilmu

Kelebihan isi Buku :
• Buku ini menyajikan awal mula dan cara-cara bagaimana memulai berfilsafat.
• Setelah membaca buku ini setidaknya saya mengetahui ada empat tahap bagaimana berfilsafat itu dilakukan. Pertama, membuka diri dengan berbagai permasalahan hidup yang begitu banyak sambil memilah dan memilihnya berdasarkan tema-tema pembahasan filsafat. Kedua, menentukan metode yang sesuai dengan persoalan yang telah diklasifikasikan tadi. Ketiga, uji cobakan metode tadi dengan berbagai persoalan penting yang dihadapi di sekitar kita, dalam buku ini dipilih sains dan agama. Keempat, lakukan instropeksi kefilsafatan sendiri.
• Setelah membaca buku filsafat ini saya dapat mengetahui tahap-tahap berfilsafat dan teknik berfilsafat yang singkat, padat dan jelas.
• Saya memperoleh wawasan yang makin jelas tentang berbagai gejala, baik yang tampil sebagai fakta atau yang berlangsung sebagai rangkaian peristiwa.

Kekurangan isi Buku :
• Banyak menggunakan istilah-istilah asing sehingga sulit untuk dimengerti.
• Pembahasannya terlalu berbelit-belit dan terlalu panjang sehingga agak sulit untuk memahami isi buku.
• Penjelasan istilah-istilah tidak semuanya dijelaskan sehingga sulit untuk memahaminya.

1 komentar:

  1. TINNMAX.LAYA'S BEACH REELS, 3,500,000,000 - The TINNMAX
    The titanium joes TINNMAX.LAYA'S BEACH titanium quartz meaning REELS, 3,500,000,000. $0.00, titanium ingot 0.00, 0.00, 0.00, 0.00, 0.00, 0.00, 0.00, 0.00, titanium apple watch 0.00, 0.00, 0.00, titanium build for kodi 0.00.

    BalasHapus